Ask Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 1] AdityaDees - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

31 October 2016

Ask Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 1] AdityaDees

sistem informasi surat masuk dan surat keluar
Bismillah…

“Pengelolaan surat masuk dan surat keluar pada sebuah instansi masih banyak dilakukan secara manual. Pada awal mula pengarsipan secara manual mungkin terbilang mudah dilakukan. Akan tetapi jika sudah memasuki bulan selanjutnya tentu pencatatan dan pengarsipan surat ini akan bertambah semakin banyak dan bertumpuk-tumpuk. Belum lagi terkadang pencatatan tersebut tercampur dengan catatan lain, tentu akan semakin membuat pusing petugas administrasi bersangkutan. Hal inilah yang menjadi permasalahan, dimana bagian administrasi seringkali kesulitan mencari data-data surat lama yang suatu saat barangkali diperlukan untuk keperluan tertentu. Belum lagi terkadang dokumen yang diarsipkan mengalami kerusakan akibat terkena hujan mungkin, sehingga data-data yang tercatat didalam dokumen tersebut tak bisa diselamatkan lagi.

Dari beberapa permasalahan yang dipaparkan diatas, maka wajib bagi sebuah instansi memiliki pencatatan dan pengarsipan secara digital. Pengarsiapan semacam ini lebih dikenal dengan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar. Dengan adanya sistem ini, diharapkan dapat membantu petugas administrasi dalam mengelola pengarsipan surat masuk maupun surat keluar menjadi lebih baik lagi”.

Pada bagian pertama ini saya hanya memberikan pengantar terlebih dahulu tentang sistem yang akan dibuat sebelum masuk ke tahapan pembuatan.
Oh iya, untuk membuat sistem ini nantinya saya menggunakan MySQL sebagai database dan java sebagai bahasa pemrogramannya. Jadi yang perlu anda siapkan untuk mengikuti tutorial ini diantaranya adalah JDK 8, Netbeans dan Xampp. Jika belum memilikinya silakan diunduh terlebih dahulu dari website penyedianya.
Dan insya Allah pada postingan selanjutnya saya akan membahas mengenai pembuatan struktrur tabel sistem informasi surat masuk dan surat keluar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya..

Wassalam…


Baca juga tutorial terkait berikut :
1. Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 1]
2. Struktur Tabel Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 2]
3. Koneksi Database Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 3]
4. Pembuatan Form Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 4.1] 
5. Pembuatan Form Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 4.2]
6. Action Event Pada Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 5]

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.