Bismillah…
Pada postingan sebelumnya saya telah memberikan gambaran mengenai Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa kelanjutan dari postingan tersebut saya akan membahas tentang struktur tabel dari sistem yang akan kita buat ini. Pada tutorial pembuatan sistem informasi surat masuk dan surat keluar ini tidak begitu banyak menggunakan tabel dan field-field pada database-nya. Untuk selebihnya bisa anda sesuaikan nantinya dengan masing-masing model pengarsipan tergantung dari kebijakan masing-masing kantor.
Baiklah, pada tutorial ini jumlah tabel yang kita butuhkan terdiri dari 4 tabel. Nama database bisa anda buat susuai dengan keinginan anda. Disini nama database-nya adalah “simak” yang teridiri dari tabel surat masuk, surat keluar, instansi dan tabel pengguna. Berikut adalah uraian mengenai tabel-tabel tersebut.
Nah, setelah mengetahui struktur tabel diatas selanjutnya adalah membuat database dan tabel tersebut kedalam MySQL melalui Xampp yang anda miliki. Berikut akan diuraikan langkah-langkahnya :
Wassalam…
Baca juga tutorial terkait berikut :
1. Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 1]
2. Struktur Tabel Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 2]
3. Koneksi Database Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 3]
4. Pembuatan Form Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 4.1]
5. Pembuatan Form Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 4.2]
6. Action Event Pada Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 5]
Pada postingan sebelumnya saya telah memberikan gambaran mengenai Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa kelanjutan dari postingan tersebut saya akan membahas tentang struktur tabel dari sistem yang akan kita buat ini. Pada tutorial pembuatan sistem informasi surat masuk dan surat keluar ini tidak begitu banyak menggunakan tabel dan field-field pada database-nya. Untuk selebihnya bisa anda sesuaikan nantinya dengan masing-masing model pengarsipan tergantung dari kebijakan masing-masing kantor.
Baiklah, pada tutorial ini jumlah tabel yang kita butuhkan terdiri dari 4 tabel. Nama database bisa anda buat susuai dengan keinginan anda. Disini nama database-nya adalah “simak” yang teridiri dari tabel surat masuk, surat keluar, instansi dan tabel pengguna. Berikut adalah uraian mengenai tabel-tabel tersebut.
- Surat Masuk
Tabel ini nantinya digunakan untuk menyimpan seluruh data pengarsipan surat masuk. Kemudian data-data pada tabel ini digunakan untuk pembuatan disposisi surat. Adapun struktur tabel surat masuk adalah seperti berikut :
Nama Tabel : surat_masuk
Primary Key : no_suratNoNama FieldTipe dataLengthKey1no_suratvarchar30Primary Key2tgl_suratdate--3tgl_diterimadate--4perihaltext--5sifatenum(BIASA, RAHASIA, SANGAT RAHASIA, SEGERA, PENTING, KONFIDENSIAL)-6lampiranint3-7kode_instansivarchar15Foreign Key8filetext-- - Surat Keluar
Tabel surat keluar digunakan untuk menampung surat keluar yang ada. Struktur surat keluar adalah seperti berikut :
Nama Tabel : surat_keluar
Primary Key : no_suratNoNama FieldTipe dataLengthKey1no_suratvarchar30Primary Key2tgl_suratdate--3perihaltext--4sifatenum(BIASA, RAHASIA, SANGAT RAHASIA, SEGERA, PENTING, KONFIDENSIAL)-5lampiranint3-7kode_instansivarchar15Foreign Key8no_surat_masukvarchar30Foreign Key9filetext-- - Instansi
Tabel ini digunakan untuk menampung nama instansi atau SKPD. Selanjutnya tabel instansi menjadi rujukan bagi tabel surat masuk dan surat keluar. Struktur tabel instansi adalah sebagai berikut :
Nama Tabel : instansi
Primary Key : no_suratNoNama FieldTipe dataLengthKey1kode_instansivarchar15Primary Key2nama_instansivarchar200-3alamattext-- - Pengguna
Tabel terakhir yang kita gunakan adalah tabel pengguna. Tabel ini digunakan untuk menampung identitas pengguna sistem. Berikut adalah struktur tabel pengguna.
Nama Tabel : pengguna
Primary Key : id_penggunaNoNama FieldTipe dataLengthKey1kode_instansiint10Primary Key2usernamevarchar30-3passwordvarchar30-4nama_lengkapvarchar30-5last_logintimestamp--
Nah, setelah mengetahui struktur tabel diatas selanjutnya adalah membuat database dan tabel tersebut kedalam MySQL melalui Xampp yang anda miliki. Berikut akan diuraikan langkah-langkahnya :
- Buka web browser anda, kemudian ketikkan “localhost/phpmyadmin” dan tekan tombol New.
- Selanjutnya masukkan nama database, dan tekan tombol Create untuk membuat database baru.
- Kemudian terserah anda jika ingin membuat sendiri tabel tersebut atau meng-copy langsung dari script yang saya berikan. Jika ingin meng-copy dari script yang saya berikan, masuk terlebih dahulu ke halaman SQL.
Lalu copy paste script berikut, dan tekan tombol Go :
DROP TABLE IF EXISTS `instansi`;
CREATE TABLE `instansi` (
`kode_instansi` varchar(15) NOT NULL,
`nama_instansi` varchar(200) DEFAULT NULL,
`alamat` text,
PRIMARY KEY (`kode_instansi`)
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;
DROP TABLE IF EXISTS `surat_masuk`;
CREATE TABLE `surat_masuk` (
`no_surat` varchar(30) NOT NULL,
`tgl_surat` date NOT NULL,
`tgl_diterima` date NOT NULL,
`perihal` text,
`sifat` enum('BIASA','RAHASIA','SANGAT RAHASIA','SEGERA','PENTING','KONFIDENSIAL') DEFAULT NULL,
`lampiran` int(3) DEFAULT '0',
`kode_instansi` varchar(15) NOT NULL,
`file` text,
PRIMARY KEY (`no_surat`),
KEY `kode_instansi` (`kode_instansi`),
CONSTRAINT `kode_instansi` FOREIGN KEY (`kode_instansi`) REFERENCES `instansi` (`kode_instansi`) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;
DROP TABLE IF EXISTS `surat_keluar`;
CREATE TABLE `surat_keluar` (
`no_surat` varchar(30) NOT NULL,
`tgl_surat` date DEFAULT NULL,
`perihal` text,
`sifat` enum('BIASA','RAHASIA','SANGAT RAHASIA','SEGERA','PENTING','KONFIDENSIAL') NOT NULL,
`lampiran` int(3) DEFAULT NULL,
`kode_instansi` varchar(15) NOT NULL,
`no_surat_masuk` varchar(30) DEFAULT NULL,
`file` text,
PRIMARY KEY (`no_surat`),
KEY `kode_instansi_kl` (`kode_instansi`),
KEY `no_sm` (`no_surat_masuk`),
CONSTRAINT `kode_instansi_kl` FOREIGN KEY (`kode_instansi`) REFERENCES `instansi` (`kode_instansi`) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE,
CONSTRAINT `no_sm` FOREIGN KEY (`no_surat_masuk`) REFERENCES `surat_masuk` (`no_surat`) ON DELETE CASCADE ON UPDATE CASCADE
) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1;
CREATE TABLE `pengguna` (
`id_pengguna` int(10) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
`username` varchar(30) NOT NULL,
`password` varchar(30) NOT NULL,
`nama_lengkap` varchar(30) NOT NULL,
`last_login` timestamp NULL DEFAULT NULL,
PRIMARY KEY (`id_pengguna`)
) ENGINE=InnoDB AUTO_INCREMENT=3 DEFAULT CHARSET=latin1;
insert into `pengguna`(`id_pengguna`,`username`,`password`,`nama_lengkap`,`last_login`) values (1,'admin','admin','USER 1','2016-11-11 20:57:22') - Dan terlihat tabel yang baru saja anda buat seperti gambar dibawah ini :
Wassalam…
Baca juga tutorial terkait berikut :
1. Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 1]
2. Struktur Tabel Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 2]
3. Koneksi Database Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 3]
4. Pembuatan Form Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 4.1]
5. Pembuatan Form Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 4.2]
6. Action Event Pada Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar [Bagian 5]
No comments:
Post a Comment
Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah