HELLO guys. saya akan membagikan beberapa informasi tentang sistem rangkain kelistrikan, bagi kalian yang masih bingung dengan sistem kelisrikan pada sepeda motor. saya akan membagikanya untuk anda,sistem kelistrikan pada sepeda motor kususnya pada sitem CDI-AC dan cara kerjanya
Nah pada sitem ini fungsinya adalah untuk mengubah arus bolak balik pada sistem CDI-AC
Dan ada beberapa komponen penting pada sitem CDI-AC yaitu:
1. fulse generator
2. trigger
3. kapasitor
4. firmany coil current
5. ignition coil
setelah mengetahui komponen pada sistem motor CDI-AC,saya akan membagikan cara kerjpa sistem CDI-AC..Come on
Cara Kerja Sistem CDI-AC
Pada saat magnet berputar ,maka akan dihasilkan arus listrik AC dalam bentuk induksi lisrik dari shource coil /spul .arus ini akan diterima oleh cdi-unit dengan tegangan sebesar 100-400 volt .arus tersebut kemudian diubah menjadi arus searah oleh dioda ,kemudian disimpan dalam kondensor(kapasitor) dalam cdi unit.kapasitor tersebut tidak akan melepas arus yang disimpan sebelum SCR bekerja .
pada saat terjadinya pengapian ,pulsa generator akan menghasilkan arus sinyal.kemudian SCR akan aktif dan menyalurkan arus listrik dari anoda ke katoda .dengan berfungsinya SCR menyebabkan kapasitor melepaskan arus dengan cepat .kemudian arus mengalir kekumparan primer coil pengapian untuk menghasilkan tegangan sebesar 100-400 volt sebagai tegangan induksi sendiri ,akibat induksi sendiri kumparan primer tersebut ,kemudian terjadi induksi dalam kumparan sekunder dengan tegangan sebesar 15 kv-20kv tegangan tinggi tersebut.selanjutnya mengalir kebusi dalam bentuk loncatan bunga api yang akan membakar campuran bensin dan udara didalam ruang bakar
No comments:
Post a Comment
Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah