Ask menggunakan whatsapp web PC AdityaDS - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

07 August 2019

Ask menggunakan whatsapp web PC AdityaDS

Assalamu'alaikum...
Hai sobat semua, siapa sih yang ga pake whatsapp(wa)? keknya zaman sekarang ga ada smartphone yang ga ada aplikasi wa nya. Semua orang berkomunikasi lewat wa karena mudah dipakai, fitur2 yang menarik seperti video call, voice note, status dan lainnya.
Sekarang wa tidak hanya bisa di akses melalui smartphone tapi juga bisa melalui PC(Personal Computer). Tentu hal ini menarik perhatian para pengguna PC yang kerjaan sehari-harinya didepan PC/laptop, bisa bekerja sambil chating hehhe...


Whatsapp

    Whatsapp merupakan aplikasi yang memungkinkan untuk bertukar pesan. Pesan dapat berupa teks, gambar, video, file, link. Whatsaap ini seperti pengganti sms. Untuk bertukar pesan, membutuhkan nomer ponsel yang terdaftar di aplikasi whatsapp. 

Whatsapp web (wa web)

    Whatsapp web merupakan halaman website khusus bagi pengguna wa. Fungsinya masih tetap sama yaitu untuk bertukar pesan hanya layar lebih lebar, mengetik lebih nyaman, mengunduh file lebih mudah.

Apa saja yang harus dipersiapkan ?
Tentunya PC tapi jangan lupa smartphone juga dibutuhkan loh. Pastikan sobat semua sudah install aplikasi whatsapp di smartphone dan juga sudah teraktifasi di whatsapp. PC menggunakan aplikasi browser yang cepat dan terbaru, seperti Google Chrome, Mozila Firefox, Opera dan lainnya. Koneksi internet yang stabil juga diperlukan baik untuk smartphone juga PC.

Cara menggunakan whatsapp web

    Untuk menggunakan whatsapp web, perlu dilakukan sinkronisasi terlebih dahulu dengan whatsapp di smartphone. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka browser

2. Buka link berikut https://web.whatsapp.com/ 

3. Scan kode QR dengan whatsapp smartphone. Buka aplikasi whatsapp kemudian klik tombol 3 titik vertikal dipojok kanan (pengguna android). Kemudian pilih whatsapp web

4. Langkah terakhir pilih whatsapp Web kemudian akan muncul kamera untuk memindai kode QR. Arahkan smartphone ke kode QR di web.

5. Jika berhasil akan langsung muncul tampilan whatsapp sobat dan siap untuk memulai chat.

    Whatsapp web tampilannya dibagi menjadi 2 layar. Layar sebelah kiri berupa kontak, bagian atas tombol paling kiri untuk melihat status, tombol bagian tengah untuk memulai chat dengan kontak wa, dan tombol terakhir untuk membuat grup baru, melihat profile, pesan berbintang, pengaturan dan keluar(log out). Layar kanan berupa isi chat dengan fitur dipojok kanannya juga ada 3 yaitu untuk search messages, tombol untuk mengirim gambar, dokumen hingga kontak dan tombol menu terakhir(3 titik vertikal) berfungsi untuk melihat kontak teman chat sobat, menghapus pesan, dan lainnya. 


Untuk cara mengirim pesan, voice recording saya rasa sobat semua bisa melakukannya karena sama saja seperti pada wa smartphone. 

Kekurangan whatsapp web 
    Kekurangan dari whatsapp web ini yaitu :

1. Tidak bisa melakukan panggilan maupun menjawab panggilan baik dengan video call atau audio call. 
2. Smartphone harus tetap hidup dan terkoneksi internet.
3. Koneksi internet harus stabil.

Kelebihan whatsapp web
   Seperti dibicarakan diawal mengenai hal positif dari wa web kini dirangkum menjadi beberapa keunggulan wa web yaitu :

1. Mengirim file lebih mudah dari PC/laptop, beberapa orang menyimpan berbagai file di PC sehingga whatsapp web ini memudahkan menjangkau file dari PC.

2. Mempercepat membalas pesan, tidak perlu membuka smartphone ketika sobat berada didepan PC. Hal ini juga menguntungkan bagi para customer service untuk membalas pesan yang masuk.

Keluar dari whatsapp web

Jika sobat mengakses whatsapp web di PC yang bukan milik sobat sendiri, akan lebih baiknya untuk melakukan logout agar privasi sobat tetap terjaga ya. 
Untuk keluar (log out) sobat hanya perlu melakukan :

1. Buka aplikasi whatsapp di smartphone 

2. Klik 3 titik vertikal dipojok kanan

3. Pilih whatsapp web 

4. Klik keluar dari semua perangkat
Jika sobat malas membuka browser untuk mengakses whatsapp web, sobat bisa mendownload aplikasi whatsapp desktop.

Whatsapp desktop
Untuk whatsapp versi desktop bisa diunduh disini https://www.whatsapp.com/download/ , pilih aplikasi yang sesuai dengan PC/komputer/laptop sobat baik secara sistem operasi maupun bit-nya. Silahkan sobat install terlebih dahulu aplikasinya kemudian masuk dengan scan kode QR seperti halnya scan pada whatsapp web. 
Cara pemakaian, tampilan,kelebihan dan kekurangan untuk whatsapp desktop sama dengan whatsapp web, yang membedakannya hanya whatsapp desktop harus diinstall terlebih dahulu.

Sobat lebih suka wa web atau desktop atau tidak keduanya? pilihan sobat sendiri ya, gunakanlah teknologi sebijak mungkin agar berguna bagi sobat semua :)

Semoga bermanfaat. Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.