Ask Pengertian Hosting Dan Jenis-jenis Hosting Yang Wajib Diketahui AdityaDs - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

27 September 2020

Ask Pengertian Hosting Dan Jenis-jenis Hosting Yang Wajib Diketahui AdityaDs

Sebelum kalian memutuskan memilih layanan Hosting untuk website kalian tentu menjadi kewajiban untuk mengerti apa itu hosting dan apa fungsi hosting, selanjutnya kalian juga perlu mencari informasi tentang perusahaan layanan hosting yang akan kalian beli paket hostingnya. 

Hosting ini ada yang Hosting Gratis dan Berbayar, untuk Hosting Gratis biasanya adalah layanan ujicoba paket Hosting dari penyedia layanan WebHosting.

Pengertian Hosting

Hosting adalah layanan penyewaan server untuk menyimpan data di sebuah situs agar dapat ditampilkan kepada pengguna internet yang akan mengaksesnya. Pada dasarnya, cara kerja hosting hampir sama ketika kalian hendak menyewa rumah. kalian harus membayar biaya sewa setiap bulan agar server bisa berfungsi secara penuh.

Agar dapat terus tersambung ke internet dan dapat diakses oleh semua orang, server hosting dikelola dalam ruang penyimpanan data yang bernama data center. Sebenarnya kalian pun dapat menjadikan PC kalian sebagai server penyimpanan data. Akan tetapi cara tersebut dipandang sangat merepotkan terutama dalam pengelolaan, sehingga tidak banyak orang melakukannya.

cara kerja  hosting

Cara kerja hosting akan sangat membantu kalian dalam mengelola sebuah website. Ketika kalian mengakses sebuah website (baik menggunakan IP Address maupun nama domain) melalui browser yang menggunakan network protocol HTTP, internet akan mengirimkan permintaan akses kepada server hosting.

Setelah itu, server akan mengirimkan informasi file yang diminta ke komputer melalui internet yang selanjutnya diterjemahkan oleh web browser dalam bentuk tulisan dan gambar. Jika kalian ingin mengakses suatu website, maka kalian perlu mengetikkan alamat website pada browser yang kalian gunakan.

Kemudian, perintah dari browser akan diteruskan internet ke server hosting untuk dieksekusi sesuai permintaan. Hasil dari aktivitas ini adalah tampilan gambar & informasi website yang ingin diakses, yang nantinya akan diteruskan oleh internet agar dapat tampil pada browser kalian.

Seperti itulah gambaran kinerja hosting. Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih juga mempengaruhi server web. Bila kalian menginginkan server yang paling bagus, kalian harus melihat jenis hostingnya. Biasanya semakin unggul jenis hosting yang dipilih, server web nya juga terjamin bagus

Jenis-jenis Hosting Yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis hosting dibawah ini mungkin tidak semuanya akan dapat kalian temui pada semua penyedia layanan hosting, karena kebanyakan dari mereka ada yang hanya menawarkan layanan seperti shared hosting dan VPS hosting. Hanya perusahaan besar yang menyediakan semua paket seperti dibawah ini.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah istilah yang digunakan untuk layanan web hosting di mana beberapa situs berbagi sumber daya dari web server yang besar.

Shared web hosting adalah jenis pilihan yang termurah dan paling terjangkau dari web hosting lain seperti VPS atau Dedicated Server. Banyak penyedia layanan web hosting yang menawarkan paket shared hosting dengan harga yang sangat terjangkau berkisar dari $1 per bulan dan juga $6 per bulan. Karena harganya yang murah, shared web hosting dianggap ideal untuk usaha kecil, blog, dan situs web portofolio.

Apakah kalian bertanya-tanya mengapa shared hosting bisa sangat murah?

Shared hosting murah karena kalian berbagi sebuah web server yang besar dengan orang lain. Sebagai Contoh seperti ini. Jika kalian menyewa rumah sendiri, maka kalian bertanggung jawab untuk membayar semua sewa sendirian. Tapi jika kalian memiliki teman sekamar atau teman lain di dalam rumah tersebut, tentunya kalian bisa membagi pembayaran dengan teman kalian, sehingga biaya menjadi lebih murah karena harga sewanya ditanggung oleh beberapa orang.

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting adalah jenis hosting teknologi terbaru yang mungkin belum dapat kalian temui pada semua penyedia layanan web hosting.

Cloud hosting adalah jenis hosting yang menggunakan teknologi konsep komputasi awan yang mempunyai kecepatan yang lebih baik dan terkenal lebih aman karena tidak hanya mengandalkan satu server saja melainkan menggunakan banyak server yang tersebar diberbagai titik dan berbagai negara. Hal inilah yang menjadikan cloud hosting terbukti lebih aman karena jika satu server tidak bekerja maka server lain akan menggantikan.

Cloud hosting menjelaskan metode mengkonfigurasi server dalam cara yang fleksibel untuk memungkinkan kerja web yang paling terjangkau, terukur, dan dapat diandalkan dalam infrastruktur web.

Memang cloud hosting memiliki harga yang lebih mahal dibanding paket shared hosting, dan biaya yang dikenakan ada yang tergantung pada seberapa sumber daya yang kalian gunakan, namun ini akan cocok bagi situs yang berkembang setiap waktu dan menggunakan cloud hosting akan mudah saat membutuhkan sumber daya yang lebih besar.

3. Managed WordPress Hosting

Managed WordPress Hosting adalah jenis hosting yang di bangun khusus untuk menjalankan website dengan platform WordPress.

Seperti yang kita semua tahu bahwa WordPress adalah platform website terpopuler dan menguasai semua jenis platform yang ada saat ini, dengan mengetahui hal tersebut banyak penyedia layanan hosting membangun server mereka khusus untuk pengguna WordPress dan bahkan perusahaan hosting seperti Bluehost memiliki paket hosting khusus untuk menjalankan WordPress dengan WooCommerce.

Kelebihan menggunakan hosting jenis ini dibanding dengan hosting lain saat kalian menjalankan WordPress adalah pada sisi server yang sudah di optimalkan secara khusus agar WordPress berjalan dengan baik, selain itu masih terdapat banyak lagi keuntungan yang akan kalian dapatkan seperti berikut :

  • Update situs otomatis / WordPress.
  • Backup harian / mingguan otomatis.
  • Pengoptimalan kecepatan terpasang melalui jaringan caching dan CDN.
  • Mekanisme keamanan terintegrasi dioptimalkan untuk WordPress.
  • Optimasi database built-in untuk WordPress.
  • Optimalisasi skalabilitas (server mampu menangani lebih banyak lalu lintas jika perlu).
  • Pengaturan server dioptimalkan khusus untuk perangkat lunak WordPress.
  • Dukungan khusus dari ahli WordPress

Untuk harga hosting jenis Managed WordPress Hosting ini memang lebih mahal dibanding shared hosting dan bisa setara dengan harga VPS hosting.

4. VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan untuk Virtual Private Server hosting. Virtual Private Server hosting menawarkan mesin virtual untuk klien. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu komputer server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri yang berdedikasi dan sistem operasi.

Untuk Contoh: Dalam lingkungan shared hosting semua klien berbagi sumber daya dari komputer yang sama. Kebanyakan penyedia layanan shared hosting memiliki script yang membatasi sumber daya masing-masing klien, sehingga tidak ada satu klien yang menggunakan semua sumber daya. Namun, klien tidak dijamin sumber daya komputasi yang dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu tergantung pada berapa banyak klien yang menggunakan sumber daya pada saat yang sama.

Di sisi lain, VPS hosting dapat menjamin sumber daya yang tersedia untuk klien dengan menggunakan teknologi virtualisasi. Ini memberikan klien dengan lingkungan hosting yang jauh lebih stabil dengan sedikit atau tidak ada fluktuasi sumber daya yang tersedia.

Jika kalian pernah menggunakan program seperti Microsoft Virtual PC, VMWare Player, workstation, dll, maka kalian telah menggunakan konsep yang sama pada komputer kalian. Perangkat lunak tersebut memungkinkan kalian untuk melakukan hal yang sama pada komputer pribadi kalian dengan memungkinkan kalian untuk “hampir” menjalankan lingkungan sistem operasi lain di atas salah satu yang sudah diinstal.

Orang menggunakan teknologi ini pada komputer pribadi terutama untuk test atau untuk menjalankan software dan website di lingkungan yang berbeda tanpa menimbulkan biaya untuk membeli komputer baru.

5. Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan paket web hosting yang menyediakan dedicated server dengan sumber daya yang didedikasikan untuk klien tunggal. Dedicated hosting yang ideal untuk website WordPress dengan jumlah pengunjung yang sangat besar. Banyak Penyedia Layanan WordPress hosting menawarkan Hosting Dedicated Plan Shared dengan VPS hosting Plan.

Misalnya, dalam rencana shared hosting, klien berbagi komputer dengan banyak klien lain. Dalam kasus hosting VPS plan, klien berbagi mesin tetapi bukan sumber daya dengan klien lain pada komputer yang sama. Namun, rencana hosting khusus klien yang sewa seluruh server dengan semua sumber dayanya. Perusahaan web hosting menawarkan paket yang berbeda untuk Dedicated hosting. Harga rencana didasarkan pada pilihan klien pada hardware dan alokasi sumber daya.

Dedicated hosting yang ideal untuk organisasi besar atau situs dengan lalu lintas yang sangat besar. Klien mendapatkan kontrol penuh dari server yang memungkinkan mereka untuk mengkonfigurasinya untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Dedicated Hosting Plan juga datang dalam bentuk dikelola dan unmanaged dimana pusat hosting dapat mengelola server untuk klien dalam kasus masalah. Dedicated server Managed umumnya lebih mahal. Harga ini juga dipengaruhi oleh jumlah sumber daya yang dibutuhkan seperti bandwidth, ruang penyimpanan, dan jumlah RAM, antara lain.

Biaya tambahan untuk dedicated server juga mencakup paket perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan server. Perangkat lunak tersebut dapat mencakup lisensi untuk Windows, jika diinginkan, cPanel, jika diinginkan, dan perangkat lunak lainnya yang dibayarkan. Gratis alternatif untuk sebagian besar paket perangkat lunak berbayar tersedia tetapi umumnya tidak disukai karena ada masalah dengan stabilitas perangkat lunak. Pengecualian utama untuk preferensi untuk dibayar vs perangkat lunak bebas adalah meluasnya penggunaan Linux lebih Microsoft atau OS berbayar lainnya pada server.

Berikut saya juga sediakan beberapa penyedia layanan hosting Indonesia.

Penyedia Hosting Murah Indonesia

  1. Dewaweb.com
  2. Domainesia.com
  3. IdWebhost.com
  4. IdCloudhost.com

Nah itulah beberapa perusahaan penyedia layanan Hosting Indonesia Murah, sebenarnya masih banyak lagi penyedia lain kaian bisa mencarinya di internet.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.