Ask Pengertian Space Hosting, Bandwith dan RAM AdityaDs - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

05 November 2020

Ask Pengertian Space Hosting, Bandwith dan RAM AdityaDs

Dalam web hosting, ada istilah space hosting, bandwith dan ram. Walaupun mendasar, ada kemungkinan sebagian dari kita ada yang belum mengerti pengertian dari ketiga istilah tersebut.

Space Hosting

Space hosting adalah kapasitas penyimpanan sebuah web hosting. Misal, kalian membeli paket web hosting dari layanan web hosting, dengan kapasitas penyimpanan data yang kalian dapatkan adalah 1 GB. Kapasitas penyimpanan ini berguna untuk menampung database, gambar-gambar website dan email. Jika website kalian sudah semakin kompleks, ada kemungkinan suatu saat kapasitas hosting kalian akan penuh, dan apabila hal itu terjadi pilihannya hanya ada dua : 

  1. Memilah dan menghapus file-file lama yang dirasa sudah tidak penting. 
  2. Melakukan upgrade paket hosting dengan kapasitas yang lebih besar.

Bandwith Data (Monthly Bandwith Transfer)

Adalah besarnya lalu lintas data yang dapat diakses pada halaman website kalian. Misalnya, kalian memiliki website toko online dengan banyak gambar, dan setiap halaman website kalian total ukuran datanya (gambar, tulisan dll) adalah 1 MB, apabila dalam 1 bulan halaman website kalian diakses selama 1000 x, maka lalu lintas data yang terjadi adalah 1 MB x 1000 = 1 GB.

Dalam shared hosting, jatah atau besaran bandwith diberikan untuk jangka waktu 1 bulan. Misalnya kalian membeli sebuah paket di penyedia layanan web hosting dengan bandwith bulanan sebesar 25 GB, apabila sebelum mencapati 30 hari lalu lintas data yang terjadi telah lebih dari 25 GB, maka website kalian tidak akan bisa diakses sampai tanggal 1 bulan berikutnya. Jika memakai contoh 1 halaman website ukuran totalnya 1 MB, jika sebelum 1 bulan sudah diakses sebanyak 25.000x, maka telah terjadi lalu lintas data sebesar 25 GB.

Bagaima Jika Bandwith Habis Sebelum 1 Bulan

Apabila belum mencapai 1 bulan bandwith bulanan kalian sudah habis, maka kemungkinannya ada dua :

  1. Website kalian memang sudah sangat ramai sekali sehingga pengunjungnya sudah sangat banyak, dan lalu lintas datanya pun menjadi besar. Untuk kondisi ini maka solusi satu-satunya anda harus melakukan upgrade paket hosting ke paket hosting dengan bandwith yang lebih besa ratu membeli paket hosting dengan bandwith unlimited.
  2. Jika website kalian masih tergolong sepi pengunjung namun belum 1 bulan bandwith sudah habis, maka kemungkinan besar hosting kalian mengandung malware. Malware tersebut biasanya berasal dari komputer dimana kalian mengupload data hosting, atau bisa juga berasal dari skrip website yang kalian dapatkan dari sumber yang tidak terpercaya. Bisa juga berasal dari template / themes/ plugin yang kalian dapatkan dari sumber yang tidak terpercaya. Apabila terjadi hal tersebut, maka solusi yang bisa dilakukan adalah :

Mendownload seluruh isi hosting ke dalam komputer yang bersih dan terpasang antivirus yang updated, lalu isi hosting kalian scan, setelah itu upload Kembali data kalian ke hosting.

Jika cara tersebut tidak berhasil, maka kalian bisa melakukan instalasi ulang website kalian dengan menggunakan database yang ada, sehingga nantinya tidak perlu melakukan posting ulang.

Apa itu RAM?

RAM (Random Access Memory) adalah hardware yang memegang peranan yang sangat penting bagi kinerja sebuah PC atau laptop. Seperti namanya RAM atau memory merupakan tempat penyimpanan data yang diakses oleh CPU ( Central Processing Unit). Mengapa disebut random Access? Karena data yang terdapat pada RAM dapat diakses secara acak dengan kecepatan yang sama.

RAM juga memungkinkan untuk menampilkan data yang lebih cepat dari pada hardisk. Mungkin kalian bertanya-tanya apakah fungsi RAM pada komputer sama halnya dengan fungsi RAM pada web hosting. Jawabannya adalah iya. Kedudukan RAM pada web hosting sama dengan pada komputer. Karena memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan file.

Pada web hosting, fungsi RAM bisa sebagai media yang menyimpan berbagai macam perintah yang sedang berlangsung apabila cache sistem pada RAM penuh. Bedanya RAM pada web hosting bersifat virtual artinya tidak dapat dipegang karena tidak ada bentuk fisiknya. Selain itu kapasitas RAM pada web hosting dapat dengan mudah dikalibrasi dengan menggunakan sistem, fitur atau software.

Fungsi RAM PAda Web Hosting

Fungsi RAM yang utama tentu sebagai storage atau tempat penyimpanan data baik itu RAM pada komputer atau Web Hosting. Kapasitas sebuah RAM berbanding lurus dengan kecepatan sebuah situs. Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan maka semakin cepat juga para pengguna internet dapat mengakses situs tersebut. Banyak spesikasi yang harus dipertimbangkan sebelum membeli sebuah hosting salah satunya adalah kapasitas RAM yang ditawarkan oleh provider tersebut.

Mengapa hal ini menjadi sangat penting? Sebagai pemilik website tentu kalian ingin website tersebut memiliki banyak pengunjung. Pada saat trafik pada website tersebut sedang tinggi artinya banyak pengguna internet yang mengakses website kalian itu berarti lebih banyak lagi memori yang digunakan.

Jika website kalian memiliki RAM yang tidak kompatibel dengan trafik website tersebut maka website tersebut akan berjalan lambat atau bahkan tidak dapat diakses. Tentu kalian tidak ingin hal ini terjadi bukan. Kalian bukan hanya akan kehilangan pengunjung namun bukan tidak mungkin kalian akan kehilangan calon customer.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.