Ask Cara Mengatasi Error Data Web Inti pada blog AdityaDs - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

04 December 2020

Ask Cara Mengatasi Error Data Web Inti pada blog AdityaDs

Seperti yang kita ketahui Bersama bahwa kecepatan loading halaman pada blog menjadi salah satu parameter penting untuk optimasi SEO pada blog, dan belum lama ini google pun memberikan update baru pada parameter kecepatan loading pada sebuah website yaitu penambahan parameter data web inti.

Pengertian singkat page speed blog

Page speed atau kecepatan loading halaman blog adalah suatu parameter penilaian untuk melihat indeks kecepatan rata-rata pemuatan halaman pada sebuah blog, blog dikatan cepat bila mendapatkan nilai antara 80 sampai 100% saat dicek menggunakan alat cek kecepatan website. Untuk nilai dibawah 80% kurang bagus untuk SEo pada blog sobat.

Untuk mendapatkan nilai kecepatan yang bagus pada blog sobat, sobat bisa mempratikan cara dibawah:

- Menghapus widget yang tidak penting pada blog sobat

- Menggunakan script Lazy Load pada template blog sobat

- Menggubakan script Lazy Load pada kode iklan adsense yang sobat pasang di blog

Pengertian singkat data web inti

data web inti adalah sebuah parameter yang terpengaruh terhadap kecepatan loading sebuah blog, waktu yang dibutuhkan blog untuk merespon suatu request atau permintaan dari user. semakin cepat blog merespon suatu permintaan maka data web inti seharusnya aman-aman saja. lalu bagaimana cara untuk melihat apakah kecepatan loading blog kita sudah bagus atau belum? untuk melihatnya adalah bisa menggunakan tools GTmetrix, silahkan kalian buka website GTmetrix.com, lalu masukkan alamat blog kalian di kolom yang ada, setelah itu klik tombol test your site.

silahkan tunggu prosesnya sampai selesai,kemudian akan muncul beberapa parameter penilaian pagespeed blog kalian beserta nilai data web inti.

Note: GTmetrix adalah salah satu Tools SEO gratis yang dapat sobat gunakan untuk mengecek kecepatan loading halaman blog sobat.

penjelasan pada hasil partameter GTmetrix

GTmetrix Grade adalah parameter penilaian kecepatan loading blog sobat sekalian, semakin besar nilai pada parameter ini itu akan semain bagus untuk blog sobat.

Web Vitalist adalah parameter untuk penilaian data web inti, untuk paramneter ini semakin kecil nilainya akan semakin bagus untuk blog sobat sekalian.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan cara mengatasi error pada data web inti blog, saya akan menjelaskan sedikit tentang SEO:

Singkatnya, seo adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan blog atau website agar bisa muncul di peringkat tertingi search engine.

Seo sendiri memiliki banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah melakukan pengoptimalan pada kecepatan loading blog atau website, semakin cepat blog atau website dimuat akan membuat pengunjung betah berlama-lama melihat artikel yang ada di blog sobat.

Ini juga akan berdampak pada kualitas seo pada blog sobat, sebagai contoh. Misalnya sobat sedang mencari suatu informasi di search engine seperti google lalu sobat menemukan salah satu artikel yang cocok dengan informasi yang sobat cari dan sobat membuka artikel dari salah satu website yang ada pada hasil pencarian sobat.

Ternyata saat sobat buka artikel tersebut loadingnya berat dan lama, apa yang akan sobat lakukan? Pastinya sobat akan meninggalkan website tersebut karena loadingnya lama dan sobat akan berpindah ke website yang memiliki waktu loading yang cepat bukan?

Jika hal itu terjadi pada blog sobat tentunya akan berdampak buruk pada kualitas seo dan rasio klik tayang pada blog sobat, yang akan berdampak juga pada posis artikel sobat di search engine. Tentu sobat tidak ingin artikel yang sudah susah payah sobat buat turun peringkatnya hanya karena masalah poada kecepatan loading blog sobat yang berat dan masalah pada data web inti yanmg terlalu besar untuk dimuat.

Cara Mengatasi Error Data Web Inti pada blog

karena blog saya juga terkena ampak pada web inti. Nilai pagespeed blog saya tiba-tiba menjadi 80an walaupun nilai 80 ini masih tergolong bagus, tapi dtidak ada salahnya kita perbaiki untuk nilai yang lebih bagus.

setelah saya caritahu apa penyebabnya, saya menemukan titik terang. ternyata permasalahannya terdapat pada kode javascript blog yang dimuat berulang saat blog baru dibuka. google menganggap hal tersebut sebagai sebuah error karena kode javascript tersebut dimuat berulang atau penggunaan kode javascritp yang tidak efisien.

hal ini dimata google menyebabkan loading halaman blog saya menjadi lambat atau lebih berat. lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

cara paling mudah adalah dengan cara memasang script Lazy Load google adsense. untuk kalian yang masih awam tentu bingung apa itu Lazy Load google adsense.singkatnya ketika kita memasang script ini di blog kita nantinya blog kita akan dimuat setelah ada aktifitas scrool didalam blog kita.

hal ini menyebabkan kode adsense pada blog kita akan dimuat setelah adanya aktifitas scroll dari pengunjung blog kita yang akan berdampak pada kecepatan loading blog kita.

Cara Memasang Lazy Load Google Adsense:

untuk memasang script ini tidak sulit kok sobat, silahkan sobat praktikan caranya dibawah ini.

- pertama silahkan sobat masuk ke akun blog sobat yang mengalami masalah 

- masuk ke tab Tema, kemudian klik pilihan Edit HTML.

- Cari kode <script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>

setelah itu hapus semua kode itu dari blog sobat

- setelah itu silahkan cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;

kemudia pastekan kode dibawah ini tepat diatasnya.

<script type='text/javascript'>

//<![CDATA[

// Lazy Load AdSense

var lazyadsense=!1;window.addEventListener("scroll",function(){(0!=document.documentElement.scrollTop&&!1===lazyadsense||0!=document.body.scrollTop&&!1===lazyadsense)&&(!function(){var e=document.createElement("script");e.type="text/javascript",e.async=!0,e.src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js";var a=document.getElementsByTagName("script")[0];a.parentNode.insertBefore(e,a)}(),lazyadsense=!0)},!0);

//]]>

</script>

- setelah itu silahkan klik simpan, lalu cek kembali kecepatan loading blog sobat di GTmetrix

Hasil cek di GTmetrix sebelum dan sesudah menerapkan cara diatas:

Sebelum:


Sesudah:

Verifikasi Masalah Pada Google Search Console

jangan lupa, setelah sobat melakukan cara diatas maka langkah selanjutnya dalah melakukan verifikasi perbaikan masalah data web inti pada search console. tujuannya adalah untuk memberitahu search console bahwa kita sudah melakukan perbaikan pada blog kita. search console membutuhkan waktu beberapa hari atau bulan untuk memverifikasi perbaikan kita. jadi, setelah sobat melakukan cara tersebut silahkan tunggu sampai proses pengecekan google search console selesai.

Kesimpulan

Untuk Mengatasi Error Pada Data Web Inti diatas adalah karena pemuatan kode iklan google adsense yang dilakukan berulang dan ini hanyalah salah satu cara Mengatasi Error Pada Data Web Inti yang dapat sobat lakukan untuk meningkatkan kecepatan loading blog sobat juga.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.