Operasi Chastise merupakan serangan terhadap bendungan Jerman yang dilakukan pada tanggal 16-17 Mei 1943 oleh Skadron no. 617 Royal Air Force, yang kemudian disebut Dam Busters, menggunakan "bom memantul" khusus yang dikembangkan oleh Barnes Wallis.
Awalnya, Wallis ingin menjatuhkan bom 10 ton (22.000 lb; 10.000 kg) dari ketinggian sekitar 40.000 kaki (12.000 m), bagian dari konsep bom gempa . Namun, Tidak ada pesawat pembom yang mampu terbang pada ketinggian seperti itu atau membawa bom seberat itu.
Selain itu, bahan peledak yang jauh lebih kecil akan cukup jika meledakkan dinding bendungan di bawah air, tetapi bendungan waduk Jerman dilindungi oleh jaring torpedo untuk mencegah pengiriman hulu ledak, peledak melalui air.
Wallis kemudian merancang bom seberat 9.000 lb (4.100 kg) dalam bentuk silinder, setara dengan bom yang sangat besar. muatan kedalaman dipersenjatai dengan sekring hidrostatik, tetapi dirancang untuk diberi putaran mundur 500 rpm.
Saat jatuh pada kecepatan 60 kaki (18 m) dan 240 mph (390 km / jam) dari titik pelepasan, bom akan melompat melintasi permukaan air sebelum menabrak dinding bendungan. Sisa backspin akan menyebabkan bom tenggelam, mengalirkannya ke sisi bendungan menuju dasarnya.
Ketika Perang Dunia II masih berkecamuk, upaya Sekutu untuk mengalahkan pasukan Nazi Jerman diusahakan dengan segala cara, Inggris yang saat itu mengalami kerugian besar juga berusaha mencari celah guna melancarkan serangan balasan langsung ke pusat kekuatan Jerman.
Para petinggi AU Inggris (RAF) akhirnya menemukan target spesifik yang berada di Jerman, yakni sejumlah Bendungan atau yang menjadi urat nadi bagi industri militer dan perekonomian Nazi.
Bendungan ini sangat vital bagi jerman, merupakan sumber energi listrik bertenaga air dan sarana pendingin bagi pabrik baja yang saat itu sedang gencar memproduksi persenjataan berat militer serta infrastruktur lainnya.
Diperkirakan bahwa penghancuran bendungan ini dan lainnya di wilayah tersebut akan menyebabkan gangguan besar-besaran terhadap produksi perang Jerman.
Rencana untuk menyerang bendungan pertama kali dipertimbangkan pada tahun 1937, tetapi butuh waktu hingga tahun 1942 untuk mengembangkan senjata yang mampu menghancurkan bendungan - dan pesawat untuk mengirimkannya.
Pada tahun 1942, insinyur Inggris Barnes Wallis mulai mengerjakan rencana untuk membuat bom yang bisa melompati air. Dia mengembangkan idenya dengan bereksperimen dengan memantulkan kelereng di bak air di kebun belakangnya.
Wallis mengira senjata baru itu dapat digunakan untuk menyerang kapal perang yang ditambatkan, tetapi penelitian segera difokuskan untuk menggunakannya melawan bendungan yang penting bagi industri Jerman.
Angkatan Laut dan RAF melakukan tes ekstensif di lokasi di seluruh negeri . Ini mengungkapkan bahwa bom berbentuk drum perlu dijatuhkan dari ketinggian 60 kaki (18m), dan pada kecepatan 232mph.
Bom akan berputar mundur melintasi permukaan air sebelum mencapai bendungan. Putaran sisa kemudian akan mendorong bom ke dinding bendungan sebelum meledak di dasarnya.
Yang dibutuhkan sekarang hanyalah orang-orang untuk menerbangkan pesawat pengebom Lancaster yang dimodifikasi secara khusus yang akan membawa bom tersebut.
Pada akhir Maret 1943, skuadron baru dibentuk untuk melakukan serangan di bendungan. Awalnya dengan nama sandi Skuadron X, Skuadron 617 dipimpin oleh Komandan Sayap berusia 24 tahun Guy Gibson (digambarkan di pintu pesawat) dan terdiri dari awak pesawat dari Inggris, Kanada, Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.
Dengan satu bulan tersisa sebelum penyerbuan, dan hanya Gibson yang mengetahui detail lengkap operasi, skuadron memulai pelatihan intensif dalam penerbangan dan navigasi malam tingkat rendah. Mereka siap untuk Operasi 'Chastise'.
Tiga sasaran utama adalah bendungan Möhne, Eder dan Sorpe. Bendungan Möhne adalah bendungan 'gravitasi' yang melengkung dan memiliki tinggi 40m dan panjang 650m.Ada bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan di sekitar waduk, tetapi setiap pesawat yang menyerang akan terlihat saat mendekat.
Bendungan Eder memiliki konstruksi yang serupa tetapi merupakan target yang lebih menantang.Waduknya yang berkelok-kelok dibatasi oleh perbukitan terjal. Satu-satunya cara untuk mendekati adalah dari utara.
Sorpe adalah jenis bendungan yang berbeda dan memiliki inti beton kedap air dengan lebar 10m. Di setiap ujung waduknya, daratan naik dengan curam, dan ada juga menara gereja di jalur pesawat penyerang.
Dari 21:28 pada 16 Mei, 133 awak pesawat di 19 Lancaster lepas landas dalam tiga gelombang untuk mengebom bendungan. Gibson terbang di gelombang pertama dan pesawatnya pertama kali menyerang Möhne (digambarkan di sini) pada pukul 12.28, tetapi lima pesawat harus menjatuhkan bom mereka sebelum dibobol.
Pesawat yang tersisa masih menjatuhkan bomnya kemudian menyerang Eder yang akhirnya ambruk pada pukul 1.52 pagi. Sementara itu, pesawat dari dua gelombang lainnya mengebom Sorpe tetapi tetap utuh.
Dari 133 awak pesawat yang ambil bagian, 53 orang tewas dan tiga menjadi tawanan perang. Di darat, hampir 1.300 orang tewas akibat banjir tersebut. Meskipun dampak pada produksi industri terbatas, serangan itu memberikan dorongan moral yang signifikan bagi rakyat Inggris.
Awak pesawat yang selamat dari Skuadron 617 dipuji sebagai pahlawan, dan Guy Gibson dianugerahi Victoria Cross atas tindakannya selama serangan itu.
Serangan itu juga membentuk Skuadron 617 sebagai unit khusus pengeboman presisi, bereksperimen dengan pemandangan bom baru, teknik penandaan target, dan bom 'gempa' kolosal baru yang dikembangkan oleh Barnes Wallis.
No comments:
Post a Comment
Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah