Ask Pendahuluan lengkap dasar-dasar belajar JavaScript untuk pemula AdityaDees - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

31 August 2021

Ask Pendahuluan lengkap dasar-dasar belajar JavaScript untuk pemula AdityaDees

Javascript adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis. Ini ringan dan paling umumnya digunakan sebagai bagian dari halaman web, yang implementasinya memungkinkan sisi klien script untuk berinteraksi dengan pengguna dan membuat halaman dinamis.

Ini adalah interpretasi bahasa pemrograman dengan kemampuan berorientasi objek.JavaScript pertama kali dikenal sebagai LiveScript, tetapi Netscape mengubah namanya menjadi JavaScript, mungkin karena kegembiraan yang dihasilkan oleh Java.

JavaScript membuat penampilan pertamanya di Netscape 2.0 pada tahun 1995 dengan nama LiveScript. NS inti bahasa untuk tujuan umum telah tertanam di Netscape, Internet Explorer, dan browser web lainnya.

Spesifikasi ECMA-262 mendefinisikan versi standar dari inti bahasa JavaScript:
  • JavaScript adalah bahasa pemrograman yang ringan dan mudah ditafsirkan.
  • Dirancang untuk membuat aplikasi yang berpusat pada jaringan.
  • Pelengkap dan terintegrasi dengan HTML.
  • Komplementer dan terintegrasi dengan Java.
  • Terbuka untuk lintas platform.


Client-side JavaScript

Client-side JavaScript adalah bentuk bahasa yang paling umum. Script harus disertakan atau disisipkan dalam dokumen HTML agar kode dapat ditafsirkan oleh browser. Ini berarti bahwa halaman web tidak harus berupa HTML statis, tetapi dapat menyertakan program yang berinteraksi dengan pengguna, mengontrol browser, dan membuat konten HTML secara dinamis.

Mekanisme Client-side JavaScript memberikan banyak keuntungan dibandingkan CGI tradisional skrip sisi server. Misalnya, Anda mungkin menggunakan JavaScript untuk memeriksa apakah pengguna memiliki memasukkan alamat email yang valid di bidang formulir.

Kode JavaScript dijalankan ketika pengguna mengirimkan formulir, dan hanya jika semua entri valid, mereka akan dikirimkan ke Server Web.JavaScript dapat digunakan untuk melakukan momen peristiwa yang dimulai pengguna seperti klik tombol, tautan navigasi, dan tindakan lain yang dimulai pengguna secara eksplisit atau implisit.

Keuntungan JavaScript

  • Less server interaction : Anda dapat memvalidasi input pengguna sebelum mengirim halaman pergi ke server. Ini menghemat lalu lintas server, yang berarti lebih sedikit beban pada server anda.
  • Immediate feedback to the visitors : Mereka tidak perlu menunggu halaman reload untuk melihat apakah mereka lupa memasukkan sesuatu.
  • Increased interactivity : Anda dapat membuat antarmuka yang bereaksi ketika pengguna melakukan sesuatu di atasnya dengan mouse atau mengaktifkannya melalui keyboard.
  • Richer interfaces : Anda dapat menggunakan JavaScript untuk memasukkan item seperti drag-and-drop komponen dan bilah geser untuk memberikan Antarmuka yang Kaya kepada pengunjung situs Anda.


Alat pengembangan JavaScript

Salah satu kekuatan utama JavaScript adalah tidak memerlukan biaya yang mahal untuk alat pengembangan. Anda dapat memulai dengan editor teks sederhana seperti Notepad. Karena ini adalah bahasa yang ditafsirkan di dalam konteks browser web, Anda bahkan tidak perlu untuk membeli kompiler.

Untuk membuat hidup kita lebih sederhana, berbagai vendor telah datang dengan JavaScript yang sangat bagus untuk alat pengeditan. Beberapa di antaranya tercantum di sini:
  • Microsoft FrontPag : Microsoft telah mengembangkan editor HTML populer yang disebut FrontPage. FrontPage juga menyediakan pengembang web dengan sejumlah Alat JavaScript untuk membantu dalam pembuatan situs web interaktif.
  • Macromedia Dreamweaver MX : Macromedia Dreamweaver MX adalah aplikasi editor HTML dan JavaScriptb yang sangat populer dalam pengembangan web profesional kerumunan. Ini menyediakan beberapa komponen JavaScript prebuilt yang praktis, terintegrasi baik dengan database, dan sesuai dengan standar baru seperti XHTML dan XML.
  • Macromedia HomeSite 5 : HomeSite 5 adalah HTML dan JavaScript yang sangat disukai editor dari Macromedia yang dapat digunakan untuk mengelola situs web pribadi secara efektif.


Dasar belajar JavaScript

Mari kita mulai dengan dasar-dasar bagaimana memasukkan JavaScript ke dalam sebuah struktur HTML untuk menjadi bagian dari sebuah situs web. Untuk memasukkan JavaScript di dalam halaman, Anda harus membungkusnya dengan tag <script> :


<script type="textjavascript">

// Kode JavaScript anda ada di sini


</script>





Dengan melakukan input seperti di atas dalam struktur HTML, browser dapat mengidentifikasi dan mengeksekusi kode dengan benar sesuai yang anda targetkan.

Panggilan file eksternal

Anda juga dapat menempatkan JavaScript di filenya sendiri dan menamainya di dalam HTML Anda. Dengan begitu, Anda dapat memisahkan jenis kode yang berbeda satu sama lain, membuat file lebih terorganisir. Jika kode Anda ada dalam file bernama myscript.js Anda akan menmanggilnya seperti berikut :



<script src="myscript.js">



</script>




Dalam script di atas anda juga bisa memasukan komentar ,tujuanya agar supaya lebih mudah mengingat. Komentar sangat penting karena membantu orang lain memahami apa yang terjadi dalam kode Anda atau mengingatkan Anda jika Anda sendiri lupa sesuatu.

Ingatlah bahwa mereka harus ditandai dengan benar sehingga browser tidak akan mencoba menjalankannya.nDalam JavaScript Anda memiliki dua opsi berbeda:
  • Komentar satu baris — Untuk menyertakan komentar yang terbatas pada satu baris, awali dengan //
  • Komentar multi-baris - Jika Anda ingin menulis komentar yang lebih panjang di antara beberapa baris, bungkuslah /* dan */ agar tidak dieksekusi.


Variabel dalam JavaScript

Variabel adalah nilai stand-in yang dapat Anda gunakan untuk melakukan operasi. Anda harus akrab dengan mereka dari kelas matematika seperti Var, Const, Let .Anda memiliki tiga kemungkinan berbeda untuk mendeklarasikan variabel dalam JavaScript, masing-masing dengan spesialisasinya sendiri:
  • Var Merupakan variabel yang paling umum. Itu dapat ditugaskan kembali tetapi hanya diakses dalam suatu fungsi. Variabel didefinisikan dengan Var pindah ke atas saat kode dieksekusi.
  • Const Tidak dapat dipindahkan dan tidak dapat diakses sebelum muncul di dalam kode.
  • Let Mirip dengan Const, Let variabel dapat dipindahkan tetapi tidak dideklarasikan ulang.


Tipe data

Variabel dapat berisi tipe nilai dan tipe data yang berbeda. Anda gunakan =untuk menetapkan mereka:
  • Angka - Var age = 23
  • Variabel - Var x
  • Teks atau string - Var a = "init"
  • Operasi - Var b = 1 + 2 + 3
  • Angka konstan - Conts PI = 3.14
  • Pernyataan benar atau salah - var C = true
  • Objek - var name = {firstName:"joni", lastName:"jono"}


Ada lebih banyak kemungkinan. Perhatikan bahwa variabel sangat peka dan sensitif huruf besar-kecil itu mempengaruhi. Itu berarti namajono dan namaJono ditangani sebagai dua variabel yang berbeda.

Objek

Objek adalah jenis variabel tertentu. Mereka adalah variabel yang dapat memiliki nilai dan metodenya sendiri. Yang terakhir adalah tindakan yang dapat Anda lakukan pada objek.


var person = {
firstName:"Joni",
lastName:"Jono",
umur:20,
kebangsaan:"Uganda"
};



Array

Array adalah bagian dari banyak bahasa pemrograman yang berbeda. Mereka adalah cara untuk mengatur variabel dan properti ke dalam kelompok. Berikut cara membuatnya di JavaScript:


var buah = ["Pisang", "Apel", "Pear"];



Sekarang Anda memiliki array bernama buah yang berisi tiga item yang dapat Anda gunakan untuk operasi di masa mendatang.

Methods Array

Setelah Anda membuat array, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengannya:
  • concat() — Bergabunglah dengan beberapa array menjadi satu
  • indexOf() — Mengembalikan posisi pertama di mana elemen tertentu muncul dalam array
  • join() — Gabungkan elemen array menjadi satu string dan kembalikan string
  • lastIndexOf() — Memberikan posisi terakhir di mana elemen tertentu muncul dalam array
  • pop() — Menghapus elemen terakhir dari array
  • push() — Tambahkan elemen baru di akhir
  • reverse() — Urutkan elemen dalam urutan menurun
  • shift() — Hapus elemen pertama dari array
  • slice() — Menarik salinan sebagian array ke dalam array baru
  • sort() — Mengurutkan elemen berdasarkan abjad
  • splice() — Menambahkan elemen dengan cara dan posisi tertentu
  • toString() — Mengonversi elemen menjadi string
  • unshift() —Menambahkan elemen baru ke awal
  • valueOf() — Mengembalikan nilai primitif dari objek yang ditentukan


Operator

Jika Anda memiliki variabel, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai jenis operasi. Untuk melakukannya, Anda memerlukan operator.

Operator dasar

  • + Tambahan
  • - Pengurangan
  • * Perkalian
  • / Divisi
  • (...) Operator pengelompokan, operasi dalam tanda kurung dieksekusi lebih awal daripada yang di luar
  • % Modulus (sisa)
  • ++ Jumlah kenaikan
  • -- Mengurangi angka

Opetator Perbandingan

  • == Sama dengan
  • === Nilai yang sama dan jenis yang sama
  • != Tidak sama
  • !== Tidak sama nilainya atau tidak sama jenisnya
  • > Lebih besar dari
  • < Kurang dari
  • >= Lebih dari atau sama dengan
  • <= Kurang dari atau sama dengan
  • ? Operator Terner

Operator Logika

  • && Logis dan
  • || Logis atau
  • ! Logis tidak

Operator Bitwise

  • & DAN pernyataan
  • | ATAU pernyataan
  • ~ BUKAN
  • ^ XOR
  • << Pergeseran kiri
  • >> Pergeseran kanan
  • >>> Nol mengisi shift kanan


Fungsi

Fungsi JavaScript adalah blok kode yang melakukan tugas tertentu. Fungsi dasar terlihat seperti ini:


nama fungsi(parameter1, parameter2, parameter3) {


// apa fungsinya

}



Seperti yang Anda lihat, itu terdiri dari function kata kunci ditambah nama. Parameter fungsi ada di dalam tanda kurung dan Anda memiliki tanda kurung kurawal di sekitar fungsi yang dijalankan.

Anda dapat membuatnya sendiri, tetapi untuk membuat hidup Anda lebih mudah – ada juga sejumlah fungsi default.

Outputting Data

Aplikasi umum untuk fungsi adalah keluaran data. Untuk output, Anda memiliki opsi berikut:
  • alert () Keluarkan data dalam kotak peringatan di jendela browser
  • confirm() Membuka dialog ya/tidak dan mengembalikan true/false tergantung pada klik pengguna
  • !
  • console.log() Menulis informasi ke konsol browser, bagus untuk keperluan debugging
  • document.write Tulis langsung ke dokumen HTML
  • prompt() Membuat dialog untuk input pengguna


Fungsi Global

Fungsi global adalah fungsi yang dibangun ke dalam setiap browser yang mampu menjalankan JavaScript.
  • decodeURI() Mendekode Uniform Resource Identifier (URI) yang dibuat oleh encodeURI atau serupa
  • decodeURIComponent() Mendekode komponen URI
  • encodeURI() Mengkodekan URI ke dalam UTF-8
  • encodeURIComponent() Mendekode komponen URI
  • eval() Mengevaluasi kode JavaScript yang direpresentasikan sebagai string
  • isFinite() Menentukan apakah nilai yang diteruskan adalah bilangan berhingga
  • isNaN() Menentukan apakah suatu nilai adalah NaN atau tidak
  • Number() Mengembalikan angka yang dikonversi dari argumennya
  • parseFloat() Mem-parsing argumen dan mengembalikan angka floating-point
  • parseInt() Mem-parsing argumennya dan mengembalikan bilangan bulat


Loop JavaScript

Loop adalah bagian dari sebagian besar bahasa pemrograman. Mereka memungkinkan Anda untuk mengeksekusi blok kode yang diinginkan beberapa kali dengan nilai yang berbeda:
  • for Cara paling umum untuk membuat loop dalam JavaScript
  • while Mengatur kondisi di mana loop dijalankan
  • do while Mirip dengan while loop tetapi dijalankan setidaknya sekali dan melakukan pemeriksaan di akhir untuk melihat apakah kondisi terpenuhi untuk dieksekusi lagi
  • alert break Digunakan untuk menghentikan dan keluar dari siklus pada kondisi tertentu
  • alert continue Lewati bagian dari siklus jika kondisi tertentu terpenuhi


If-Else statements

Jenis pernyataan ini mudah dimengerti. Dengan menggunakannya, Anda dapat mengatur kondisi kapan kode Anda dieksekusi. Jika kondisi tertentu berlaku, sesuatu dilakukan, jika tidak - sesuatu yang lain dieksekusi.


if (condition) {

// apa yang harus dilakukan jika kondisi terpenuhi

} else {

// apa yang harus dilakukan jika kondisi tidak terpenuhi

}




Konsep yang mirip dengan if elsea dalah switch pernyataan. Namun, dengan menggunakan sakelar, Anda memilih salah satu dari beberapa blok kode untuk dieksekusi.

String

String adalah apa yang dipanggil JavaScript ke teks yang tidak menjalankan fungsi tetapi dapat muncul di layar. Dalam contoh di bawah ini melon adalah string.


Var person ="melon" ;



Escape Characters

Dalam JavaScript, string ditandai dengan tanda kutip tunggal atau ganda. Jika Anda ingin menggunakan tanda kutip dalam sebuah string, Anda perlu menggunakan karakter khusus:
  • \' kutipan tunggal
  • \" Kutipan ganda
Selain itu Anda juga memiliki karakter pelarian tambahan:
  • \\ — Garis miring terbalik
  • \b - Menghapus
  • \f — Umpan formulir
  • \n - Garis baru
  • \r - Kereta kembali
  • \t — Tabulator horisontal
  • \v — Tabulator vertikal


String Methods

Ada banyak cara berbeda untuk bekerja dengan string:
  • charAt() Mengembalikan karakter pada posisi tertentu di dalam string
  • charCodeAt() Memberi Anda Unicode karakter pada posisi itu
  • concat() Menggabungkan (menggabungkan) dua atau lebih string menjadi satu
  • fromCharCode() Mengembalikan string yang dibuat dari urutan unit kode UTF-16 yang ditentukan
  • indexOf() Memberikan posisi kemunculan pertama dari teks yang ditentukan dalam string
  • lastIndexOf() Sama seperti indexOf()tetapi dengan kejadian terakhir, mencari ke belakang
  • match() Mengambil kecocokan string dengan pola pencarian
  • replace() Temukan dan ganti teks yang ditentukan dalam sebuah string
  • search() Menjalankan pencarian untuk teks yang cocok dan mengembalikan posisinya
  • slice() Mengekstrak bagian string dan mengembalikannya sebagai string baru
  • split() Membagi objek string menjadi array string pada posisi tertentu
  • substr() Mirip dengan slice()tetapi mengekstrak substring tergantung pada jumlah karakter tertentu
  • substring() Juga mirip dengan slice()tetapi tidak dapat menerima indeks negatif
  • toLowerCase() Ubah string menjadi huruf kecil
  • toUpperCase() Ubah string menjadi huruf besar
  • valueOf() Mengembalikan nilai primitif (yang tidak memiliki properti atau metode) dari objek string


Reguler Expression Syntax

Ekspresi reguler adalah pola pencarian yang digunakan untuk mencocokkan kombinasi karakter dalam string. Pola pencarian dapat digunakan untuk pencarian teks dan teks untuk menggantikan operasi.

Pattern Modiffiers

  • e — Evaluasi penggantian
  • i — Lakukan pencocokan case-insensitive
  • g — Lakukan pencocokan global
  • s — Perlakukan string sebagai satu baris
  • x — Izinkan komentar dan spasi dalam pola
  • U — Pola tidak serakah

Brackets

  • [abc] — Temukan salah satu karakter di
  • [^abc] — Temukan karakter apa pun yang
  • [0-9] — Digunakan untuk menemukan digit apa pun dari 0 hingga 9
  • [A-z] — Temukan karakter apa pun dari huruf besar A hingga huruf kecil z
  • (a|b|c) — Temukan salah satu alternatif yang dipisahkan dengan |

Metacharacters

  • . — Temukan satu karakter, kecuali baris baru atau terminator baris
  • \w — Karakter kata
  • \W — Karakter non-kata
  • \d — Sebuah angka
  • \D — Karakter non-digit
  • \s — Karakter spasi putih
  • \S — Karakter non-spasi
  • \b — Temukan kecocokan di awal/akhir kata
  • \B — Kecocokan bukan di awal/akhir kata
  • \0 — karakter NUL
  • \n — Karakter baris baru
  • \f — Bentuk karakter umpan
  • \r — Karakter carriage return
  • \t — Karakter tab
  • \v — Karakter tab vertikal
  • \xxx — Karakter yang ditentukan oleh angka oktal xxx
  • \xdd — Karakter yang ditentukan oleh angka heksadesimal dd
  • \uxxxx — Karakter Unicode yang ditentukan oleh angka heksadesimal XXXX

Quantifier

  • n+ — Mencocokkan string apa pun yang berisi setidaknya satu n
  • n* — Setiap string yang berisi nol atau lebih kemunculan n
  • n? — Sebuah string yang berisi nol atau satu kemunculan n
  • n{X} — String yang berisi urutan X n's
  • n{X,Y} — String yang berisi urutan X ke Y n's
  • n{X,} — Mencocokkan string apa pun yang berisi urutan setidaknya X n's
  • n$ — String apa pun dengan n di ujungnya
  • ^n — String dengan n di awal itu
  • ?=n — Setiap string yang diikuti oleh string tertentu n
  • ?!n — String yang tidak diikuti oleh string tertentu ni


Angka dan Matematika

Dalam JavaScript, Anda juga dapat bekerja dengan angka, konstanta, dan melakukan fungsi matematika.

Properti nomor

  • MAX_VALUE — Nilai numerik maksimum yang dapat diwakili dalam JavaScript
  • MIN_VALUE — Nilai numerik positif terkecil yang dapat diwakili dalam JavaScript
  • NaN — Nilai “Not-a-Number”
  • NEGATIVE_INFINITY — Nilai Infinity negatif
  • POSITIVE_INFINITY — Nilai tak terhingga positif

Metode angka

  • toExponential() — Mengembalikan string dengan angka bulat yang ditulis sebagai notasi eksponensial
  • toFixed() — Mengembalikan string angka dengan jumlah desimal yang ditentukan
  • toPrecision() — String angka yang ditulis dengan panjang tertentu
  • toString() — Mengembalikan angka sebagai string
  • valueOf() — Mengembalikan angka sebagai angka

Properti Matematika

  • E — Bilangan Euler
  • LN2 — Logaritma natural dari 2
  • LN10 — Logaritma natural 10
  • LOG2E — Logaritma basis 2 dari E
  • LOG10E — Logaritma basis 10 dari E
  • PI — Nomor PI
  • SQRT1_2 — Akar kuadrat dari 1/2
  • SQRT2 — Akar kuadrat dari 2

Metode Matematika

  • abs(x) — Mengembalikan nilai absolut (positif) dari x
  • acos(x) — Arccosinus dari x, dalam radian
  • asin(x) — Arcsine of x, in radians
  • atan2(y,x) — Arctangent dari hasil bagi argumennya
  • ceil(x) — Nilai x dibulatkan ke atas ke bilangan bulat terdekat
  • cos(x) — Kosinus dari x (x dalam radian)
  • exp(x)— Nilai E X
  • floor(x) — Nilai x dibulatkan ke bawah ke bilangan bulat terdekat
  • log(x) — Logaritma natural (basis E) dari x
  • max(x,y,z,...,n) — Mengembalikan angka dengan nilai tertinggi
  • min(x,y,z,...,n) — Sama untuk angka dengan nilai terendah
  • pow(x,y) — X pangkat y
  • random() — Mengembalikan angka acak antara 0 dan 1
  • round(x) — Nilai x dibulatkan ke bilangan bulat terdekat
  • sin(x) — Sinus dari x (x dalam radian)
  • sqrt(x) — Akar kuadrat dari x
  • tan(x) — Garis singgung suatu sudut


Berurusan dengan tanggal di JavaScript

Anda juga dapat bekerja dan memodifikasi tanggal dan waktu dengan JavaScript. Ini adalah bab berikutnya dalam lembar contekan JavaScript.

Mengatur tanggal

  • Date() — Membuat objek tanggal baru dengan tanggal dan waktu saat ini
  • Date(2017, 5, 21, 3, 23, 10, 0)— Buat objek tanggal kustom. Angka-angka mewakili tahun, bulan, hari, jam, menit, detik, milidetik. Anda dapat menghilangkan apa pun yang Anda inginkan kecuali satu tahun dan satu bulan
  • Date("2017-06-23") — Deklarasi tanggal sebagai string

Memperoleh nilai tanggal dan waktu

  • getDate() — Dapatkan hari dalam sebulan sebagai angka (1-31)
  • getDay() — Hari kerja sebagai angka (0-6)
  • getFullYear() — Tahun sebagai angka empat digit (yyyy)
  • getHours() — Dapatkan jam (0-23)
  • getMilliseconds() — Milidetik (0-999)
  • getMinutes() — Dapatkan menit (0-59)
  • getMonth() — Bulan sebagai angka (0-11)
  • getSeconds() — Dapatkan yang kedua (0-59)
  • getTime() — Dapatkan milidetik sejak 1 Januari 1970
  • getUTCDate() — Hari (tanggal) bulan pada tanggal yang ditentukan menurut waktu universal (juga tersedia untuk hari, bulan, tahun penuh, jam, menit, dll.)
  • parse — Mem-parsing representasi string dari tanggal dan mengembalikan jumlah milidetik sejak 1 Januari 1970

Tetapkan bagian dari tanggal

  • setDate() — Tetapkan hari sebagai angka (1-31)
  • setFullYear() — Mengatur tahun (opsional bulan dan hari)
  • setHours() — Atur jam (0-23)
  • setMilliseconds() — Atur milidetik (0-999)
  • setMinutes() — Mengatur menit (0-59)
  • setMonth() — Atur bulan (0-11)
  • setSeconds() — Mengatur detik (0-59)
  • setTime() — Atur waktu (milidetik sejak 1 Januari 1970)
  • setUTCDate() — Mengatur hari dalam sebulan untuk tanggal yang ditentukan menurut waktu universal (juga tersedia untuk hari, bulan, tahun penuh, jam, menit, dll.)

Mode Dom

DOM adalah Model Objek Dokumen dari sebuah halaman. Ini adalah kode struktur halaman web .JavaScript hadir dengan banyak cara berbeda untuk membuat dan memanipulasi elemen HTML (disebut node).

Properti node

  • attributes — Mengembalikan koleksi langsung dari semua atribut yang terdaftar ke elemen
  • baseURI — Menyediakan URL dasar absolut dari elemen HTML
  • childNodes — Memberikan kumpulan simpul anak elemen
  • firstChild — Mengembalikan simpul anak pertama dari suatu elemen
  • lastChild — Node anak terakhir dari suatu elemen
  • nextSibling — Memberi Anda simpul berikutnya pada tingkat pohon simpul yang sama
  • nodeName —Mengembalikan nama node
  • nodeType — Mengembalikan tipe simpul
  • nodeValue — Menetapkan atau mengembalikan nilai sebuah simpul
  • ownerDocument — Objek dokumen tingkat atas untuk simpul ini
  • parentNode — Mengembalikan simpul induk dari suatu elemen
  • textContent — Menetapkan atau mengembalikan konten tekstual dari sebuah simpul dan turunannya

Metode node

  • appendChild() — Menambahkan simpul anak baru ke elemen sebagai simpul anak terakhir
  • cloneNode() — Mengkloning elemen HTML
  • compareDocumentPosition() — Membandingkan posisi dokumen dari dua elemen
  • compareDocumentPosition() — Membandingkan posisi dokumen dari dua elemen
  • getFeature() — Mengembalikan objek yang mengimplementasikan API dari fitur tertentu
  • hasAttributes() — Mengembalikan nilai true jika suatu elemen memiliki atribut apa pun, jika tidak salah
  • hasChildNodes() — Mengembalikan nilai true jika suatu elemen memiliki node anak, jika tidak salah
  • insertBefore() — Menyisipkan simpul anak baru sebelum simpul anak tertentu yang sudah ada
  • isDefaultNamespace() — Mengembalikan nilai true jika namespaceURI yang ditentukan adalah default, jika tidak salah
  • isEqualNode() — Memeriksa apakah dua elemen sama
  • isSupported() — Mengembalikan nilai true jika fitur tertentu didukung pada elemen
  • isSameNode() — Memeriksa apakah dua elemen adalah simpul yang sama
  • isSupported() — Mengembalikan nilai true jika fitur tertentu didukung pada elemen
  • lookupNamespaceURI() — Mengembalikan URI namespace yang terkait dengan node tertentu
  • lookupPrefix() — Mengembalikan DOMString yang berisi awalan untuk URI namespace yang diberikan jika ada
  • normalize() — Menggabungkan simpul teks yang berdekatan dan menghapus simpul teks kosong dalam sebuah elemen
  • removeChild() — Menghapus simpul anak dari sebuah elemen
  • replaceChild() — Menggantikan simpul anak dalam sebuah elemen

Metode Elemen

  • getAttribute() — Mengembalikan nilai atribut yang ditentukan dari simpul elemen
  • getAttributeNS() — Mengembalikan nilai string atribut dengan namespace dan name yang ditentukan
  • getAttributeNode() — Mendapatkan node atribut yang ditentukan
  • getAttributeNodeNS() — Mengembalikan node atribut untuk atribut dengan namespace dan name yang diberikan
  • getElementsByTagName() — Menyediakan koleksi semua elemen anak dengan nama tag yang ditentukan
  • getElementsByTagNameNS() — Mengembalikan HTMLCollection langsung dari elemen dengan nama tag tertentu milik namespace yang diberikan
  • hasAttribute() — Mengembalikan nilai true jika suatu elemen memiliki atribut apa pun, jika tidak salah
  • hasAttributeNS() — Memberikan nilai benar/salah yang menunjukkan apakah elemen saat ini dalam namespace tertentu memiliki atribut yang ditentukan
  • removeAttribute() — Menghapus atribut tertentu dari elemen
  • removeAttributeNS() — Menghapus atribut yang ditentukan dari elemen dalam namespace tertentu
  • removeAttributeNode() — Mengambil node atribut yang ditentukan dan mengembalikan node yang dihapus
  • setAttribute() — Menetapkan atau mengubah atribut yang ditentukan ke nilai yang ditentukan
  • setAttributeNS() — Menambahkan atribut baru atau mengubah nilai atribut dengan namespace dan nama yang diberikan
  • setAttributeNode() — Menetapkan atau mengubah simpul atribut yang ditentukan
  • setAttributeNodeNS() — Menambahkan node atribut namespaced baru ke elemen


Bekerja dengan browser

Selain elemen HTML, JavaScript juga mampu memperhitungkan browser pengguna dan memasukkan propertinya ke dalam kode.

Properti Windows

  • closed — Memeriksa apakah jendela telah ditutup atau tidak dan mengembalikan nilai true atau false
  • defaultStatus — Mengatur atau mengembalikan teks default di bilah status jendela
  • document — Mengembalikan objek dokumen untuk jendela
  • frames— Mengembalikan semua <iframe> elemen di jendela saat ini
  • history — Menyediakan objek History untuk jendela
  • innerHeight — Ketinggian bagian dalam dari area konten jendela
  • innerWidth — Lebar bagian dalam area konten
  • length— Cari tahu jumlah <iframe> elemen di jendela
  • location — Mengembalikan objek lokasi untuk jendela
  • name — Mengatur atau mengembalikan nama jendela
  • navigator — Mengembalikan objek Navigator untuk jendela
  • opener — Mengembalikan referensi ke jendela yang membuat jendela
  • outerHeight — Ketinggian luar jendela, termasuk bilah alat/bilah gulir
  • outerWidth — Lebar luar jendela, termasuk bilah alat/bilah gulir
  • pageXOffset — Jumlah piksel dokumen saat ini telah digulir secara horizontal
  • pageYOffset — Jumlah piksel dokumen telah digulir secara vertikal
  • parent — Jendela induk dari jendela saat ini
  • screen — Mengembalikan objek Layar untuk jendela
  • screenLeft — Koordinat horizontal jendela (relatif terhadap layar)
  • screenTop — Koordinat vertikal jendela
  • screenX— Sama seperti screenLefttetapi diperlukan untuk beberapa browser
  • screenY— Sama seperti screenToptetapi diperlukan untuk beberapa browser
  • self — Mengembalikan jendela saat ini
  • status — Mengatur atau mengembalikan teks di bilah status jendela
  • top — Mengembalikan jendela browser paling atas

Metode Windows

  • alert() — Menampilkan kotak peringatan dengan pesan dan tombol OK
  • blur() — Menghapus fokus dari jendela saat ini
  • clearInterval() — Menghapus pengatur waktu yang disetel dengan setInterval()
  • clearTimeout() — Menghapus pengatur waktu yang disetel dengan setTimeout()
  • close() — Menutup jendela saat ini
  • confirm()- Menampilkan kotak dialog dengan pesan dan OK dan Cancel tombol
  • focus() — Mengatur fokus ke jendela saat ini
  • moveBy() — Memindahkan jendela relatif terhadap posisinya saat ini
  • moveTo() — Memindahkan jendela ke posisi tertentu
  • open() — Membuka jendela browser baru
  • print() — Mencetak konten jendela saat ini
  • prompt() — Menampilkan kotak dialog yang meminta pengunjung untuk memasukkan
  • resizeBy() — Mengubah ukuran jendela dengan jumlah piksel yang ditentukan
  • resizeTo() — Mengubah ukuran jendela ke lebar dan tinggi yang ditentukan
  • scrollBy() — Menggulir dokumen dengan jumlah piksel tertentu
  • scrollTo() — Menggulir dokumen ke koordinat yang ditentukan
  • setInterval() — Memanggil fungsi atau mengevaluasi ekspresi pada interval tertentu
  • setTimeout() — Memanggil fungsi atau mengevaluasi ekspresi setelah interval tertentu
  • stop() — Menghentikan jendela dari memuat

Properti layar

  • availHeight — Mengembalikan tinggi layar (tidak termasuk Windows Taskbar)
  • availWidth — Mengembalikan lebar layar (tidak termasuk Windows Taskbar)
  • colorDepth — Mengembalikan kedalaman bit palet warna untuk menampilkan gambar
  • height — Tinggi total layar
  • pixelDepth — Resolusi warna layar dalam bit per piksel
  • width — Lebar total layar


JavaScript Events

Peristiwa adalah hal-hal yang dapat terjadi pada elemen HTML dan dilakukan oleh pengguna. Bahasa pemrograman dapat mendengarkan peristiwa ini dan memicu tindakan dalam kode. Tidak ada lembar contekan JavaScript yang lengkap tanpa mereka.

Mouse

  • onclick — Event terjadi ketika pengguna mengklik elemen
  • oncontextmenu — Pengguna mengklik kanan pada elemen untuk membuka menu konteks
  • ondblclick — Pengguna mengklik dua kali pada sebuah elemen
  • onmousedown — Pengguna menekan tombol mouse di atas elemen
  • onmouseenter — Pointer bergerak ke sebuah elemen
  • onmouseleave — Pointer bergerak keluar dari elemen
  • onmousemove — Pointer bergerak saat berada di atas elemen
  • onmouseover — Saat penunjuk dipindahkan ke elemen atau salah satu turunannya
  • onmouseout — Pengguna memindahkan penunjuk tetikus dari elemen atau salah satu anaknya
  • onmouseup — Pengguna melepaskan tombol mouse saat melewati elemen

Keyboard

  • onkeydown — Saat pengguna menekan tombol ke bawah
  • onkeypress — Saat pengguna mulai menekan tombol
  • onkeyup — Pengguna melepaskan kunci

Frame

  • onabort — Pemuatan media dibatalkan
  • onbeforeunload — Peristiwa terjadi sebelum dokumen akan dibongkar
  • onerror — Terjadi kesalahan saat memuat file eksternal
  • onhashchange — Ada perubahan pada bagian jangkar URL
  • onload — Ketika sebuah objek telah dimuat
  • onpagehide — Pengguna menavigasi keluar dari halaman web
  • onpagehide — Pengguna menavigasi keluar dari halaman web
  • onscroll — Bilah gulir elemen sedang digulir
  • onresize — Tampilan dokumen diubah ukurannya
  • onunload — Acara terjadi ketika halaman telah dibongkar

Form

  • onblur — Ketika sebuah elemen kehilangan fokus
  • onchange— Konten elemen formulir berubah (untuk <input>, <select> dan <textarea> )
  • onfocus — Sebuah elemen mendapat fokus
  • onfocusin — Saat sebuah elemen akan mendapatkan fokus
  • onfocusout — Elemennya akan kehilangan fokus
  • oninput — Masukan pengguna pada suatu elemen
  • oninvalid — Sebuah elemen tidak valid
  • onreset — Formulir disetel ulang
  • onsearch— Pengguna menulis sesuatu di kolom pencarian (untuk <input="search">)
  • onselect— Pengguna memilih beberapa teks (untuk <input> dan <textarea>)
  • onsubmit — Formulir dikirimkan

Drag

  • ondrag — Sebuah elemen diseret
  • ondragend — Pengguna telah selesai menyeret elemen
  • ondragenter — Elemen yang diseret memasuki target jatuh
  • ondragleave — Elemen yang diseret meninggalkan target jatuh
  • ondragstart — Pengguna mulai menyeret elemen
  • ondrop — Elemen yang diseret dijatuhkan pada target jatuh

Clipboard

  • oncopy — Pengguna menyalin konten elemen
  • oncut — Pengguna memotong konten elemen
  • onpaste — Seorang pengguna menempelkan konten dalam sebuah elemen

Media

  • onabort — Pemuatan media dibatalkan
  • oncanplay — Browser dapat mulai memutar media (mis. file telah cukup buffer)
  • oncanplaythrough — Browser dapat memutar melalui media tanpa henti
  • ondurationchange — Durasi perubahan media
  • onended — Media telah mencapai ujungnya
  • onerror — Terjadi ketika terjadi kesalahan saat memuat file eksternal
  • onloadeddata — Data media dimuat
  • onloadstart — Browser mulai mencari media tertentu
  • onpause — Media dijeda baik oleh pengguna atau secara otomatis
  • onplay — Media telah dimulai atau tidak lagi dijeda
  • onplaying — Media diputar setelah dijeda atau dihentikan untuk buffering
  • onprogress — Browser sedang dalam proses mengunduh media
  • onratechange — Kecepatan pemutaran media berubah
  • onseeked — Pengguna selesai pindah/melompat ke posisi baru di media
  • onseeking — Pengguna mulai bergerak/melompat
  • onstalled — Browser mencoba memuat media tetapi tidak tersedia
  • onsuspend — Browser sengaja tidak memuat media
  • ontimeupdate — Posisi bermain telah berubah (misalnya karena fast forward)
  • onvolumechange — Volume media telah berubah (termasuk bisu)
  • onwaiting — Media dijeda tetapi diharapkan untuk dilanjutkan (misalnya, buffering)

Animasi

  • animationend — Animasi CSS selesai
  • animationiteration — Animasi CSS diulang
  • animationstart — Animasi CSS telah dimulai

Lainya

  • transitionend — Dipecat ketika transisi CSS telah selesai
  • onmessage — Pesan diterima melalui sumber acara
  • onoffline — Browser mulai bekerja offline
  • ononline — Browser mulai bekerja online
  • onpopstate — Saat riwayat jendela berubah
  • onshow— Sebuah <menu> elemen ditampilkan sebagai menu konteks
  • onstorage — Area Penyimpanan Web diperbarui
  • ontoggle— Pengguna membuka atau menutup <details> elemen
  • onstorage — Area Penyimpanan Web diperbarui
  • onwheel — Roda mouse berguling ke atas atau ke bawah di atas elemen
  • ontouchcancel — Sentuhan layar terganggu
  • ontouchend — Jari pengguna dihapus dari layar sentuh
  • ontouchstart — Jari diletakkan di layar sentuh
  • ontouchmove — Jari diseret melintasi layar


Kesalahan

Saat bekerja dengan JavaScript, kesalahan yang berbeda dapat terjadi. Ada beberapa cara penanganannya:
  • try — Memungkinkan Anda menentukan blok kode untuk menguji kesalahan
  • catch — Siapkan blok kode untuk dieksekusi jika terjadi kesalahan
  • throw — Buat pesan kesalahan khusus alih-alih kesalahan JavaScript standar
  • finally — Memungkinkan Anda mengeksekusi kode, setelah mencoba dan menangkap, terlepas dari hasilnya

Nilai nama kesalahan

JavaScript juga memiliki objek kesalahan bawaan. Ini memiliki dua sifat:
  • name — Mengatur atau mengembalikan nama kesalahan
  • message — Mengatur atau mengembalikan pesan kesalahan dalam string dari
Properti kesalahan dapat mengembalikan enam nilai berbeda sebagai namanya:
  • EvalError— Terjadi kesalahan dalam eval()fungsi
  • RangeError — Angka “di luar jangkauan”
  • ReferenceError — Referensi ilegal telah terjadi
  • SyntaxError — Terjadi kesalahan sintaks
  • TypeError — Terjadi kesalahan ketik
  • URIError— Terjadi encodeURI()kesalahan


Kesimpulan

JavaScript semakin penting sebagai bahasa pemrograman. Ini semakin menjadi bahasa yang digunakan untuk membangun properti web berkat rekam jejak dan manfaatnya yang telah terbukti.

Dalam lembar dasar pondasi JavaScript di atas, penulis telah mengumpulkan banyak operator, fungsi, prinsip, dan metode yang paling dasar dan penting.

Ini memberikan gambaran yang baik tentang bahasa dan referensi untuk pengembang dan pelajar. Penulis harap ini bisa berguna untuk anda belajar javaScript.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.