Ask Petaka Tersembunyi Antara Cryptocurrency Dan Sepak Bola - AdityaDees

Hot

https://publishers.chitika.com/

Contact us for advertising.

06 March 2022

Ask Petaka Tersembunyi Antara Cryptocurrency Dan Sepak Bola


Sepak bola dan cryptocurrency menjadi semakin terpaut satu sama lain selama setahun terakhir ini. Para kritikus mengatakan itu hal ceroboh bahwa permainan sepak bola memiliki keterikatan dengan sektor yang tidak diatur dan fluktuatif.

Beberapa waktu lalu, badan sepak bola Eropa. UEFA, mengumumkan kesepakatan sponsorship dengan Socios.com, sebuah perusahaan cryptocurrency yang menjual "token penggemar" yang dapat dibeli melalui blockchainnya sendiri "Chiliz".

Token penggemar Socios adalah aset digital yang nilainya berfluktuasi, seperti mata uang kripto lainnya. Pemilik token penggemar menerima fasilitas dan terkadang dapat memberikan suara untuk masalah klub kecil.


Pendukung Sepak Bola Eropa mengatakan "terkejut" dengan kesepakatan UEFA. “Ini adalah langkah yang tidak dapat dipahami pada saat sepak bola membutuhkan perlindungan dari cryptomercenaries,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Ini adalah bagian dari tren yang telah melihat berbagai perusahaan dan platform cryptocurrency berinvestasi besar-besaran dalam sepak bola profesional selama dua tahun terakhir.

Tujuh belas dari 20 klub Liga Premier Inggris memiliki setidaknya satu kesepakatan komersial dengan sebuah perusahaan di sektor cryptocurrency, dengan enam, termasuk Arsenal dan Manchester City, sudah mendaftar dengan Socios.

Beberapa, seperti Watford dan Southampton, membawa cryptocurrency sebagai sponsor utama di kaus mereka. Watford juga membawa logo Dogecoin — cryptocurrency “lelucon” yang terkait dengan Elon Musk — sebagai sponsor lengan baju.

Socios memiliki perjanjian dengan klub dan liga di seluruh Eropa dan Amerika Selatan, sementara beberapa perusahaan sektor cryptocurrency lainnya telah mencapai kesepakatan komersial besar seperti Turki, Italia dan Argentina.


Untaian lain dari hubungan sepak bola yang berkembang dengan cryptocurrency adalah sektor NFT (nonfungible token) , dengan klub dan liga nasional mengembangkan aset digital mereka sendiri — seperti gambar atau video — untuk dibeli dan dijual. Beberapa pesepakbola papan atas, termasuk bintang Brasil Neymar, juga mulai gencar mempromosikan aset tersebut (lihat tweet di bawah).


Sejauh ini, belum ada klub dari bundesliga jerman yang mendaftar ke Socios. Namun, awal bulan ini, TSG Hoffenheim mengumumkan kemitraan NFT dengan cryptocurrecy Babydoge sementara Bundesliga menyetujui kemitraan NFT dengan sorare pada akhir 2021 lalu.

Melibatkan Dompet Penggemar

Ledakan cryptofootbal telah meningkatkan alarm mengingat kekhawatiran yang lebih luas seputar resiko yang ditimbulkan oleh sektor yang sebagian besar tidak diatur terhadap stabilitas keuangan. Pekan lalu, sebuah badan yang membuat rekomendasi keuangan untuk G20 mengatakan aturan yang mencakup pasar aset digital perlu segera diberlakukan.

Martin Calladine, seorang reporter investigasi dan penulis "The Ugly Game," mengatakan kepada DW bahwa dia percaya "badai yang sempurna" telah menyebabkan sepak bola merangkul crypto, dengan pandemi yang memicu peningkatan dramatis dalam cryptotrading (nilai pasar global mata uang kripto). cryptosector telah meningkat lebih dari 500% dalam dua tahun terakhir) dan krisis pendanaan dalam sepak bola profesional.


Dia percaya tujuan utama dari apa yang disebut layanan "keterlibatan penggemar" yang ditawarkan oleh perusahaan seperti Socios adalah untuk mendorong orang membeli cryptocurrency perusahaan.

"Sangat jelas bahwa sebagian besar token ini tidak dipegang oleh penggemar klub," katanya. "Dan bahkan ketika mereka membelinya, itu bukan karena mereka ingin menunjukkan loyalitas atau rasa keterlibatan mereka. Mereka membelinya karena ada peluang untuk mendapat untung."


'Be More Than A Fan' adalah motto Socios. Diperkirakan hingga $400 juta token penggemar mereka telah diperdagangkan


Calladine mengatakan fakta bahwa siapapun dapat membeli token klub, dan bukan hanya penggemar klub itu, menunjukkan bahwa itu bukan alat keterlibatan penggemar yang berarti. Penjualan token pertama kali baru-baru ini untuk klub Liga Premier Crystal Palace menunjukkan bahwa lebih dari 90% yang membeli token telah membeli token klub lain sebelumnya.


Dia juga menunjukkan bahwa jajak pendapat di mana pemilik token dapat memilih sebagian besar tentang masalah yang tidak berarti dan memiliki tingkat partisipasi yang rendah.

"Tidak mungkin ini adalah produk fan engagement, kecuali jika ini adalah produk fan engagement terburuk di dunia," katanya.

CEO Socio Alexandre Dreyfus menegaskan bahwa token perusahaan adalah untuk keterlibatan penggemar daripada investasi.

"Seorang penggemar yang ingin memilih tidak akan pernah berdagang dan kebanyakan dari mereka tidak akan pernah berdagang," katanya kepada podcast Sportspro StreamTime baru-baru ini. "Anda memiliki penggemar yang membeli dengan harga €2 [$2,3] dan menjualnya dengan harga €10 tapi... siapa yang bisa menyalahkan mereka?"

Perusahaan yang cerdik

Calladine mengatakan kecepatan dan perkembangan merek Socios "luar biasa". Namun ada kekhawatiran seputar bisnis bonafid dari banyak perusahaan lain yang memasuki lapangan.




Manchester City terpaksa membatalkan kesepakatan dengan perusahaan kripto setelah keraguan serius muncul atas legitimasinya


Kembali pada bulan November, Manchester City mengumumkan kemitraan dengan perusahaan bernama 3Key, yang dijelaskan dalam siaran pers sebagai "perusahaan crypto DeFi-centric." Hanya dua hari kemudian, Man City membekukan kesepakatan setelah penelitian oleh Calladine dan yang lainnya menemukan sedikit bukti yang menunjukkan bahwa perusahaan atau orang-orang yang dikatakan menjalankannya benar-benar ada.

Sekitar waktu yang sama, Barcelona membatalkan kesepakatan dengan perusahaan NFT Ownix ​​setelah klub menemukan bahwa eksekutif dari perusahaan tersebut menghadapi tuduhan penyerangan seksual dan penipuan.

Sepak bola: Finansial boncos, bangkrut secara moral

Kritikus seperti Calladine percaya ada risiko nyata dari penggemar biasa yang kehilangan sejumlah besar uang dengan berinvestasi dalam cryptocurrency melalui hubungannya dengan sepak bola. Dia mengatakan permintaan token sangat kuat di tempat-tempat yang didominasi sepak bola seperti Brasil dan Turki, di mana ada juga masalah ekonomi yang cukup besar.

"Itu hanya ada untuk menyedot uang orang, menggunakan sepak bola sebagai cara untuk memberikan kredibilitas," katanya tentang model token penggemar.

Klub Inggris Arsenal baru-baru ini memiliki dua kampanye iklan untuk token penggemar yang dilarang oleh regulator periklanan Inggris karena mengatakan klub itu "mengambil keuntungan dari pengalaman atau kepercayaan konsumen, meremehkan investasi dalam aset kripto, menyesatkan konsumen atas risiko investasi dan tidak memperjelasnya. 'token' adalah aset kripto."


Calladine berharap bahwa rasa urgensi yang berkembang di sekitar masalah ini dapat mengarah pada tindakan keras regulasi. Namun, ia menunjuk ke hubungan komersial yang mendalam sepak bola Inggris dengan perusahaan perjudian, dan isu-isu kontroversial lainnya seperti pengambilalihan Newcastle United baru-baru ini oleh Arab Saudi, sebagai contoh bagaimana industri cenderung melepaskan diri dari tanggung jawab moral begitu uang dipertaruhkan.

"Ini adalah pernikahan yang dibuat di surga antara amoralitas dan kelaparan uang dari sepak bola dan para perintis dunia kripto," katanya. "Anda bisa melihat betapa bahagianya mereka menari bersama."


Penafian :
Konten, termasuk namun tidak terbatas pada artikel, berita, kutipan, informasi, data, teks, laporan, penilaian, opini, gambar, foto, grafik, grafik, bagan, animasi, dan video (Konten) adalah layanan 'BlockWeb3', dan hanya tersedia untuk penggunaan pribadi dan non-komersial. Tujuan utama dari Konten adalah untuk mendidik dan menginformasikan. Konten tidak mengandung atau menyiratkan rekomendasi atau pendapat apa pun yang dimaksudkan untuk memengaruhi keputusan keuangan Anda dan tidak boleh Anda andalkan seperti itu. Beberapa Konten di situs web ini mungkin disponsori/tidak disponsori, sebagaimana berlaku, tetapi BUKAN merupakan ajakan atau rekomendasi untuk membeli, menjual, atau menahan saham perusahaan atau terlibat dalam aktivitas investasi apa pun yang sedang dibahas. 'BlockWeb3' tidak memiliki lisensi atau kualifikasi untuk memberikan saran investasi melalui platform ini. Pengguna harus mengajukan pertanyaan sendiri tentang investasi apa pun dan 'BlockWeb3' sangat menyarankan pengguna untuk mencari nasihat dari penasihat keuangan, pialang saham atau profesional lainnya (termasuk perpajakan dan nasihat hukum), sebagaimana diperlukan. 'BlockWeb3' dengan ini menyangkal setiap dan semua kewajiban kepada pengguna mana pun atas kerugian langsung, tidak langsung, tersirat, hukuman, khusus, insidental, atau konsekuensial lainnya yang timbul dari penggunaan Konten di situs web ini, yang disediakan tanpa jaminan. Pandangan yang diungkapkan dalam Konten oleh para tamu, jika ada, adalah milik mereka sendiri dan tidak selalu mewakili pandangan atau pendapat 'BlockWeb3'. Beberapa gambar/musik yang mungkin digunakan di situs web ini adalah hak cipta dari pemiliknya masing-masing. 'BlockWeb3' tidak mengklaim kepemilikan atas gambar/musik yang digunakan di situs web ini kecuali dinyatakan lain. Gambar/musik yang mungkin digunakan di situs ini diambil dari berbagai sumber di internet, termasuk langganan berbayar atau diyakini berada dalam domain publik. Kami telah menggunakan upaya yang wajar untuk mengakreditasi sumber dimanapun itu diindikasikan atau dianggap perlu.

No comments:

Post a Comment

Komentar yang bermutu Insyaallah akan mendapatkan berkah

https://payclick.com/

Contact us for advertising.